Skip to main content

Manfaat Teh Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat teh antara lain adalah sebagai antioksidan, memperbaiki sel darah yang rusak, menghaluskan kulit, melangsingkan tubuh, mencegah kanker, mencegah penyakit jantung, mengurangi kolesterol dalam darah dan melancarkan sirkulasi darah. Maka tidak heran jika minuman ini disebut-sebut sebagai minuman kaya manfaat.

Karena itu selain sebagai minuman ringan, teh juga dapat digunakan sebagai terapi untuk kesehatan. Jika kita meminum secangkir teh, maka kita setidaknya tahu apa saja zat terbaik yang ada di dalam secangkir teh yang kita minum. Zat apa saja yang terdapat dalam teh sehingga membuatnya dikenal sebagai minuman kaya manfaat?
Berikut ini beberapa zat utama yang bermanfaat yang terdapat di dalam secangkir teh.

1. Polifenol
Polifenol berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkap radikal bebas dalam tubuh. Senyawa ini juga mampu mencegah berkembangnya sel kanker dalam tubuh. Radikal bebas ada di dalam tubuh karena lingkungan udara yang tercemar polusi dan juga dari makanan yang kita makan. Polifenol pada teh berupa katekin dan flavanol.

2. Vitamin A.
Vitamin A yang ada pada teh berbentuk beta karoten yang juga merupakan salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh.


3. Vitamin C
Vitamin C berfungsi sebagai imunitas atau daya tahan terhadap tubuh manusia. Selain itu vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan yang diperlukan untuk ketahanan tubuh manusia terhadap penyakit.

4. Vitamin E
Dalam satu cangkir teh mengandung vitamin E sebanyak sekitar 100-200 IU yang merupakan kebutuhan satu hari bagi tubuh manusia. Jumlah ini berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung dan membuat kulit menjadi halus.

Beberapa hal patut diperhatikan / dihindari saat meminum teh agar zat yang berguna di dalam tubuh tidak hilang, antara lain :
  • Jangan minum teh saat atau sesudah makan karena zat yang terkandung dalam makanan dapat dicuri oleh zat stimulan teh.
  • Jangan minum teh saat perut sedang kosong sebab dapat meningkatkan produksi asam lambung.
  • Hindari minum teh dicampur dengan gula karena menyebabkan zat-zat yang dikandungnya menjadi berkurang.
  • Jangan minum teh yang sudah semalaman karena sudah banyak zatnya yang teroksidasi dan basi sehingga berdampak tidak baik bagi tubuh.
  • Hindari minum teh saat hamil dan menyusui karena kafein dan zat stimulan pada teh bisa merangsang kontraksi rahim. Selain itu, untuk ibu menyusui akan mengganggu produksi kelenjar penghasil susu ibu atau ASI.

Untuk menyeduh teh, gunakan air bersuhu 80 oC. Jangan menggunakan air dengan suhu yang lebih tinggi dari 80 oC karena dapat membuat kita kehilangan manfaat dari teh.

Comments

Popular posts from this blog

Benefits of Water Hyacinth Water Hyacinth

Originally considered a water hyacinth plants could damage the environment because it grows wild in marshes, lakes, ssungai, gutters and other standing water. Because it is easy to grow and adapt it, water hyacinth in a short time to cover the surface of a river or lake that is very disturbing sight.Sometimes also be a trigger flooding because plants that propagate over water it can hold trash. For this reason, many efforts destroy water hyacinths because they are considered weeds by the road environment clearance.But there is also a creative minded by utilizing plants as craft materials such as bags, mats, accessories, table cloth and so on. As a result, waste that was very helpful was finally able to be profitable ..Anything new that was encouraging was that the water hyacinth plants have chemical compounds important to be able to cure various diseases.The content of water hyacinth:Elements SiO2, calcium (Ca), magnesium (Mg), potassium (K), sodium (Na), chloride (Cl), cup…

Tips Menjaga Kesehatan Jiwa Raga

Dalam mengenai tips menjaga kesahatan, kita harus mengetahui bahwa kesehatan bukanlah dari jasmani kita namun juga jiwa raga kita harus sehat juga. Setiap Manusia dapat melakukan untuk menjaga kesehatan masing-masing. Dan ini rangkuman yang bisa dikutip, langsung saja mulai dari yang pertama.

Untuk mencegah terjadinya gangguan pada jiwa perlu berbagai upaya untuk itu:


1. Beribadah untuk umat beragama itu sangatlah penting. Melaksanakan ibadah setiap manusia perlu berdoa secara rutin memenuhi kebutuhan rohani kita, itu dapat menjadikan hidup selalu bermakna dan doa menjadi peranan penting di dalamnya. Namun bila orang justru sebaliknya dengan mengabaikan ibadah hidup orang itu akan terasa gelisah. Dengan berdoa dapat mengatasi masalah-masalah psikologi yang sedang menimpa.


2. Berolahraga sangatlah penting untuk daya tahan tubuh dan menambah kekuatan tubuh akan stabil. Penelitian menunjukkan bahwa olah raga lebih efektif dalam mencegah penyakit yang sering menghampiri kita daripada men…